1. DEFINISI
PEMASARAN E-MAIL MARKETING
Pemasaran e mail atau email marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang memanfaatkan surat elektronik sebagai sarana berkomunnikasi langsung dengan pelanggan.
pemasaran melalui email/surel (surat elektronik) disebut email komersial.
Pemasaran e-mail mempunyai beberapa kegunaan antara lain dapat berupa :
a. Mengadaptasi kesempatan yang e-mail berikan untuk membuat dan memelihara hubungan bisnis
b. Adanya kemungkinan yang tak terbatas
c. Memperkenalkan produk atau layanan baru
d. Berterimakasih kepada pelanggan setia atas dukungan mereka
e. Menawarkan penawaran yang eksklusif
f. Dapat memperoleh umpan balik dari pelanggan anda
2. KEUNGGULAN PEMASARAN E-MAIL DIBANDINGKAN TRADISIONAL (PRINT BASED) DIRECT MAIL
Berikut beberapa keunggulannnya antara lain :
a. Pesan anda dikirim hampir seketika
b. Pelanggan anda dapat merespon promosi anda segera
c. Anda dapat melacak proses kampaye secara real time
d. Pesan anda dapat secara khusus di tunjukan kepada kelompok-kelompok yang paling mungkin menanggapi promosi anda
e. Pesan dapat link langsung ke website anda dengan titik-dan-klik sederhana
f. Biaya keseluruhan secara substansial lebih rendah daripada metode cetak tradisional
3. JENIS-JENIS E-MAIL/KLASIFIKASI E-MAIL
1.) Berdasarkan Mekanisme Pengiriman dan Penerimaanya, email dibedakan menjadi tiga jenis,yakni sbb:
a. POP (POS OFFICE PROTOCOL) EMAIL
POP email adalah jenis e-mail yang pengiriman dan penerimaanya harus melewati beberapa computer lain yang bertindak sebagai router atau email server,sebelum akhirnya sampai di email server yang ISP-nya sesuai dengan alamat email yang dituju. Email ini hampir sama dengan surat konvensional.
b. WEB BASED E-MAIL
Web based email merupakan jenis email gratis atau email yang berbasis web email ini dibuat untuk memberikan jasa pelayana email bagi setiap orang yang memiliki akses internet,tetapi tidak memiliki account email sendiri. Dengan kata lain, jenis email ini melayani pengiriman email yang ditujukan kesebuah web server,bukan ke email server. Yahoo,Gmail,Lycos, dan Hotmail termasuk beberapa contoh jenis email ini.
c. E-MAIL FORWARDER
Email forwarder merupakan jenis email yang digunakan untuk membuat account alias. misal,kita ambil contoh email forwarder nya adalah blablabla@excite.com. Nah, dengan jenis email ini kita bisa membuat alias seperti blablabla@bdg.centrin.net.id. Dengan email alias ini kita bisa mengirimkan email ke alamat manapun dan menerima email dari siapa pun. namun,untuk email masuk,biasanya akan masuk juga ke inboxnya email forwarder kita,yakni blablabla@excite.com
2.) Berdasarkan Format Isinya, jenis email dibedakan menjadi dua, yakni sbb :
a. PLAIN TEXT E-MAIL
Plain text email merupakan jenis email yang tulisannya berupa data dalam format American Standard Code For Information Interchange (ASCII). tulisan yang dibuat dengan format ini sama sekali tidak bisa dimodifikasi, baik ukuran, jenis, hingga warna tulisannya sudah saklek sesuai aslinya.
b. HTML (Hyper Text Mark-up Language) adalah sejenis bahasa standar yang dipakai untuk mengatur penampilan informasi di internet. email yang menggunakan jenis format ini bisa dimodifikasi sesuai dengan selera pengirimnya.
4. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E-MAIL
a. Kelebihan email
kelebihan email ada banyak jika dibandingkan dengan surat biasa, antara lain :
- Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatanya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya.
- Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat keseluruh dunia
- Dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat
- Pengiriman email secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan dimanapun kit berada.
b. Kelemahan email
Kelemahan email tersebut antara lain :
- Kemungkinan terjadinya pemalsuan identitas
- Kemungkinan terjadinya penyadapan informasi
5. CARA MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN E-MAIL
a) Cara Membuat Dan Menggunakan Email di Google
Dalam tips membuat email ini saya akan membahas cara membuat email di Gmail,karena alasan-alasan sebagai berikut :
- Sederahana, ringan dan mudah
- Friendly, lebih mudah di terima bila digunakan sebagai email konfirmasi pendaftaran situs lain,seperti ke Facebook,Twitter dsb.
- Mendaftar di Gmail berarti secara otomatis anda juga akan memiliki akses ke layanan Gmail lain tnpa perlu mendaftar lagi,layanan Google-Gmail lainya al : Bloger, Bookmark, Webmaster, Analytics, Translator, dan banyak lagi
- Google-Gmail bersifat open Id, artinya anda bisa memakai nama login (username) dan sandi (password) disitus-situs yang menerima login Open Id tanpa perlu mendaftar lagi.
b.) Cara Membuat Email di Gmail
- Buka situs Gmail dengan mengetikan www.gmail.com di kolom alamat browser
- Klik create an account atau buat akun dalam bahasa indonesia-Change Language | Ganti bahasa (bila ingin mengubah bahasa yang ingin di gunakan)
- Isi first name | Dengan nama depan anda
- Isi Last name | Dengan nama belakang anda
- Isi Desired login name | Dengan nama login yang di inginkan (misal : mr_bean09)
- Klik check availability | Untuk cek ketersediaan, sebaiknya anda cek dulu untuk mengetahui nama login tersebut ada yang memiliki atau tidak
- Choose a Pasword | Buat sandi, isi dengan kata sandi (rahasia) yang hanya diketahui oleh anda. huruf besar atau kecil yang dimasukan dianggap beda jadi pastikan anda mengingatnya
- Re-enter Pasword | Masukan kembali kata sandi sama persis dengan yang pertama
Pemasaran e mail atau email marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang memanfaatkan surat elektronik sebagai sarana berkomunnikasi langsung dengan pelanggan.
pemasaran melalui email/surel (surat elektronik) disebut email komersial.
Pemasaran e-mail mempunyai beberapa kegunaan antara lain dapat berupa :
a. Mengadaptasi kesempatan yang e-mail berikan untuk membuat dan memelihara hubungan bisnis
b. Adanya kemungkinan yang tak terbatas
c. Memperkenalkan produk atau layanan baru
d. Berterimakasih kepada pelanggan setia atas dukungan mereka
e. Menawarkan penawaran yang eksklusif
f. Dapat memperoleh umpan balik dari pelanggan anda
2. KEUNGGULAN PEMASARAN E-MAIL DIBANDINGKAN TRADISIONAL (PRINT BASED) DIRECT MAIL
Berikut beberapa keunggulannnya antara lain :
a. Pesan anda dikirim hampir seketika
b. Pelanggan anda dapat merespon promosi anda segera
c. Anda dapat melacak proses kampaye secara real time
d. Pesan anda dapat secara khusus di tunjukan kepada kelompok-kelompok yang paling mungkin menanggapi promosi anda
e. Pesan dapat link langsung ke website anda dengan titik-dan-klik sederhana
f. Biaya keseluruhan secara substansial lebih rendah daripada metode cetak tradisional
3. JENIS-JENIS E-MAIL/KLASIFIKASI E-MAIL
1.) Berdasarkan Mekanisme Pengiriman dan Penerimaanya, email dibedakan menjadi tiga jenis,yakni sbb:
a. POP (POS OFFICE PROTOCOL) EMAIL
POP email adalah jenis e-mail yang pengiriman dan penerimaanya harus melewati beberapa computer lain yang bertindak sebagai router atau email server,sebelum akhirnya sampai di email server yang ISP-nya sesuai dengan alamat email yang dituju. Email ini hampir sama dengan surat konvensional.
b. WEB BASED E-MAIL
Web based email merupakan jenis email gratis atau email yang berbasis web email ini dibuat untuk memberikan jasa pelayana email bagi setiap orang yang memiliki akses internet,tetapi tidak memiliki account email sendiri. Dengan kata lain, jenis email ini melayani pengiriman email yang ditujukan kesebuah web server,bukan ke email server. Yahoo,Gmail,Lycos, dan Hotmail termasuk beberapa contoh jenis email ini.
c. E-MAIL FORWARDER
Email forwarder merupakan jenis email yang digunakan untuk membuat account alias. misal,kita ambil contoh email forwarder nya adalah blablabla@excite.com. Nah, dengan jenis email ini kita bisa membuat alias seperti blablabla@bdg.centrin.net.id. Dengan email alias ini kita bisa mengirimkan email ke alamat manapun dan menerima email dari siapa pun. namun,untuk email masuk,biasanya akan masuk juga ke inboxnya email forwarder kita,yakni blablabla@excite.com
2.) Berdasarkan Format Isinya, jenis email dibedakan menjadi dua, yakni sbb :
a. PLAIN TEXT E-MAIL
Plain text email merupakan jenis email yang tulisannya berupa data dalam format American Standard Code For Information Interchange (ASCII). tulisan yang dibuat dengan format ini sama sekali tidak bisa dimodifikasi, baik ukuran, jenis, hingga warna tulisannya sudah saklek sesuai aslinya.
b. HTML (Hyper Text Mark-up Language) adalah sejenis bahasa standar yang dipakai untuk mengatur penampilan informasi di internet. email yang menggunakan jenis format ini bisa dimodifikasi sesuai dengan selera pengirimnya.
4. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E-MAIL
a. Kelebihan email
kelebihan email ada banyak jika dibandingkan dengan surat biasa, antara lain :
- Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatanya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya.
- Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat keseluruh dunia
- Dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat
- Pengiriman email secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan dimanapun kit berada.
b. Kelemahan email
Kelemahan email tersebut antara lain :
- Kemungkinan terjadinya pemalsuan identitas
- Kemungkinan terjadinya penyadapan informasi
5. CARA MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN E-MAIL
a) Cara Membuat Dan Menggunakan Email di Google
Dalam tips membuat email ini saya akan membahas cara membuat email di Gmail,karena alasan-alasan sebagai berikut :
- Sederahana, ringan dan mudah
- Friendly, lebih mudah di terima bila digunakan sebagai email konfirmasi pendaftaran situs lain,seperti ke Facebook,Twitter dsb.
- Mendaftar di Gmail berarti secara otomatis anda juga akan memiliki akses ke layanan Gmail lain tnpa perlu mendaftar lagi,layanan Google-Gmail lainya al : Bloger, Bookmark, Webmaster, Analytics, Translator, dan banyak lagi
- Google-Gmail bersifat open Id, artinya anda bisa memakai nama login (username) dan sandi (password) disitus-situs yang menerima login Open Id tanpa perlu mendaftar lagi.
b.) Cara Membuat Email di Gmail
- Buka situs Gmail dengan mengetikan www.gmail.com di kolom alamat browser
- Klik create an account atau buat akun dalam bahasa indonesia-Change Language | Ganti bahasa (bila ingin mengubah bahasa yang ingin di gunakan)
- Isi first name | Dengan nama depan anda
- Isi Last name | Dengan nama belakang anda
- Isi Desired login name | Dengan nama login yang di inginkan (misal : mr_bean09)
- Klik check availability | Untuk cek ketersediaan, sebaiknya anda cek dulu untuk mengetahui nama login tersebut ada yang memiliki atau tidak
- Choose a Pasword | Buat sandi, isi dengan kata sandi (rahasia) yang hanya diketahui oleh anda. huruf besar atau kecil yang dimasukan dianggap beda jadi pastikan anda mengingatnya
- Re-enter Pasword | Masukan kembali kata sandi sama persis dengan yang pertama
- Stay Sign in | Tetap masuk, beri tanda bila anda ingin tetap masuk (tanpa login) setiap membuka email di komputer anda, sebaiknya hilangkan tanda bila anda memakai komputer umum
- Web History | Sejarah web, bila anda mengaktifkan [tanda] maka google akan mencatat semua yang anda lakukan disemua situs milik Google
- Security
Question | Pertanyaan rahasia, misal : what was your first phone number
- Answer | Jawaban dari pertanyaan rahasia, misal : 123456
- Secondary Email | Email sekunder, isi bila anda punya, atau kosongi bila tidak punya.
- Location | Lokasi : Indonesia
- Word verification | Verifikasi kata, ketik kata yang tertera pada gambar
- Term of service | Persyaratan layanan sebaiknya dibaca dulu
- klik I Accept, Create my account | Saya menerima buat akunku
- Bila berhasil, akan terbuka halaman konfirmasi atau pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat email
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
1. User name | nama login
2. Pasword | Sandi
3. Stay signed in | tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
Cara menggunakan email -login dan mengirim email dengan Gmail
a) Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
1. User name | nama login
2. Pasword | Sandi
3. Stay signed in | tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
b) Cara membaca email
1. login
2. pilih [klik] email yang ingin dibaca
3. untuk kembali ke daftar email awal, atau untuk melihat bila ada email terbaru, klik inbox (di layanan email lain seperti yahoo,hotmail,dsb, anda harus klik inbox untuk menuju ke daftar email masuk)
c) Cara mengirim email
1. login (bila belum login)
2. pilih [klik] compose mail | buat surat
3. to | kepada , isi dengan email tujuan
- cc/bcc dikosongin saja
4. subject | perihal, judul,maksud,tujuan dibuatnya surat
5. attachment | lampiran
- choose | pilih file
- attach more files | lampirkan file lainnya
6. send | klik untuk kirim surat
-save draft | untuk menyimpan email untuk dibuat tapi belum akan dikirim
7. discard | gagal, tidak jadi kirim surat
d) Menu lainya
- Answer | Jawaban dari pertanyaan rahasia, misal : 123456
- Secondary Email | Email sekunder, isi bila anda punya, atau kosongi bila tidak punya.
- Location | Lokasi : Indonesia
- Word verification | Verifikasi kata, ketik kata yang tertera pada gambar
- Term of service | Persyaratan layanan sebaiknya dibaca dulu
- klik I Accept, Create my account | Saya menerima buat akunku
- Bila berhasil, akan terbuka halaman konfirmasi atau pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat email
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
1. User name | nama login
2. Pasword | Sandi
3. Stay signed in | tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
Cara menggunakan email -login dan mengirim email dengan Gmail
a) Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
1. User name | nama login
2. Pasword | Sandi
3. Stay signed in | tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
b) Cara membaca email
1. login
2. pilih [klik] email yang ingin dibaca
3. untuk kembali ke daftar email awal, atau untuk melihat bila ada email terbaru, klik inbox (di layanan email lain seperti yahoo,hotmail,dsb, anda harus klik inbox untuk menuju ke daftar email masuk)
c) Cara mengirim email
1. login (bila belum login)
2. pilih [klik] compose mail | buat surat
3. to | kepada , isi dengan email tujuan
- cc/bcc dikosongin saja
4. subject | perihal, judul,maksud,tujuan dibuatnya surat
5. attachment | lampiran
- choose | pilih file
- attach more files | lampirkan file lainnya
6. send | klik untuk kirim surat
-save draft | untuk menyimpan email untuk dibuat tapi belum akan dikirim
7. discard | gagal, tidak jadi kirim surat
d) Menu lainya
- Starred - daftar email yang ditandai
- Sent - dafttar email terkirim
- All mail - daftar semua email
- Spam - daftar email bohong,iseng,biasanya menipu
- Trash - seperti tempat sampah atau (Recycle bin ) berisi email yang di delete
- Contacts - daftar contact email teman
- Settings - setelan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar